Jalin Kerja Sama, UPA Perpustakaan Untirta Kunjungi DPAD Kabupaten Serang

12 Jul 2024 admin

SERANG-Setelah sukses menggelar beberapa kegiatan literasi untuk masyarakat, kali ini UPA Perpustakaan Untirta mencoba untuk menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan yang berada di Provinsi Banten, salah satunya adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Kearsipan Daerah Kabupaten Serang.

Hal yang mendasarinya adalah karena Untirta berada di Kabupaten Serang. “Rektor Untirta selalu berpesan kepada para akademisi, yang mengutip pernyataan Presiden RI, Joko Widodo ketika meresmikan gedung Untirta Sindangsari, agar kampus harus menjadi menara air, jangan jadi menara gading. Kita harus memiliki kepedulian pada institusi sekitar,” ucap Firman Hadiansyah, Kepala UPA Perpustakaan Untirta.

Apalagi menurutnya berdasarkan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dirilis pada tahun 2023, Banten berada di bawah rata nasional. Untuk TGM, Banten mendapatkan poin poin 66, 23 sedangkan rata-rata nasional 66,77. Untuk IPLM, Banten mendapatkan poin 52,50 sedangkan rata-rata nasional 69,42. “Ini menjadi peringatan keras untuk kita, terutama bagi akademisi, pegiat literasi dan pustakawan,” lanjutnya.

“Untuk IPLM, Kabupaten Serang mendapatkan rangking kedua terbawah di Provinsi Banten dengan nilai 47,83, hanya satu poin lebih baik dibandingkan dengan Kota Serang,” lanjut Firman. “Maka ini harus kita jadikan sebagai indikator sekaligus sinyal bagi Untirta dan Kabupaten Serang agar bekerja sama dan bebenah.”

Pada pertemuan tersebut, UPA Perpustakaan Untirta menawarkan kerja sama berupa pendampingan dan pelatihan bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan terutama di sekolah dan desa, pelaksanaan kerja sama penelitian dan kajian di bidang perpustakaan/ literasi, serta kegiatan-kegiatan lain yang bisa meningkatkan pengembangan literasi di masyarakat.

Terkait dengan tawaran kerja sama tersebut, Aber Nurhadi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Serang menyambut baik dan sangat berbahagia jika kerja sama itu bisa direalisasikan secepatnya. Menurutnya, Kabupaten Serang tidak bisa sendirian dalam mengurusi TGM maupun IPLM.

Terkait dengan pengembangan perpustakaan di Kabupaten Serang, Aber Nurhadi mengatakan bahwa Kabupaten Serang sedang mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan subbidang Perpustakaan.

“Kami juga berharap Untirta ikut mengawal pengajuan ini ke Perpusnas sehingga prosesnya bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya. Untuk bangunan perpustakaan, Kabupaten Serang sudah menyiapkan lahan di Sindangsari yang berdekatan dengan kampus Untirta.

Merespons hal tersebut, Firman Hadiansyah menguatkan harapan Aber Nurhadi. “Kami memiliki relasi dan kerja sama yang sangat baik dengan Perpusnas RI. Tentu kami akan sangat bahagia jika bisa ikut serta dan terlibat secara akademik dalam mendorong proses ini,” ungkapnya.(UPA Perpustakaan/Humas)