Untirta Teken MoU dan Gelar Pelatihan Cloud Computing dengan Talenta, Elitery, AWS dan USAID

10 Jul 2024 admin

SERANG-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan Workshop dan Penandatangan MoU dan PKS Program Talenta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun 2024 bersama dengan USAID, Talenta, Elitery dan AWS. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., para Wakil Rektor, dari USAID Farhat Ghauzi, dari AWS Kurniawan Wiraatmadja, Direktur Finance Elitery Erwin Damar Prasetyo, Project Direktor Talenta Ahmad Gilang, Ketua Panita Ahmad Bahaudin, S.T., M.T., dan pemateri worskhop Cloud Computing Master Traniner Yayasan Sagasitas Indonesia Albertus Tuhu, dan tim. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FISIP Untirta, Rabu 10 Juli 2024.

Ketua Pelaksana kegiatan Ahmad Bahaudin, S.T., M.T., mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 440 dari unsur mahasiswa, dosen dan tendik di Untirta dan target peserta sampai 5000 peserta untuk periode 2-3 tahun ke depan.

Prof. Fatah dalam sambutannya menjelaskan, ‘cloud computing’ menjadi sebuah keharusan karena selaras dengan visi kampus yakni ‘healty, integrated, smart and green campus’. “Perkembangan literasi digital berakselerasi dengan cepat. Ada lima zona kampus dan semua menggunakan ‘fiber optic’. Semua diuntungkan dengan sistem terintegrasi fiber optic, Internet canggih dengan 72 aplikasi dan kita targetkan sistem sign in sign out. Untuk penguatan SDM-nya, ada pelatihan cloud computing dan kalau perlu ini persiapan dalam cyber war, dengan didukung oleh AWS, Elitery, Talenta, dan Usaid, saya kira ini adalah kemitraan strategis untuk mendukung visi kampus,” katanya.

Farhat menuturkan, dia berharap pelatihan ini memberikan kontribusi untuk SDM di Indonesia. “Semoga memberikan kontiribusi untuk para civitas academica Untirta dan USAID memberikan kontribusi untuk kualitas pendidikan di Indonesia,” tuturnya.

Kurniawan menyampaikan, AWS saat ini tengah berusaha untuk meningkatkan proyek talenta, agar mahasiswa bisa ‘passing much better future’, atau bisa lebih siap dalam menyiapkan masa depannya. “Kita menyadari itu semua dan kita harus mulai masuk ke ‘Cloud Computing’. AWS akan ‘support’ terus. Saya harap kerja sama ini terus berlanjut.

Erwin mengatakan, Elitery merupakan perusahaan muda sejak 2012 dan sudah IPO beberapa tahun “Terima masih kepada semua pihak. Untuk Usaid dan AWS sebagai partner kami mengucapkan terima kasih. Semoga menjadi tonggak awal bagi perubahan talenta Indonesia dan perubahan kemajuan ekonomi berkelanjutan.

Sementara Gilang menuturkan, Talenta akan memberikan manfaat kepada ‘start up’. “Kita harapkan akselerasi percepatan digital teknologi cloud dan harapannya nanti tembus 6000 lulusan dari program Talenta dan mendapatkan sertifikasi internasional dan mampu berkarir di industri digital,” harapnya.

Sebelumnya, dalam sesi pertama kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahaswaan Untirta Dr. H. Agus Sjafari S.Sos., M.Si., menyatakan, bagi mahasiswa, dosen dan tendik pelatihan cloud computing ini sudah menjadi keharusan dan tentunya keahlian di bidang ini menjadi salah satu daya jual khususnya untuk para mahasiswa ketika kelak lulus nanti.

“Ini sebenarnya menjadi mata kuliah wajib dan ini nyambung dengan mata kuliah itu kalau disepakati di Akademik bisa dikonversi. Untuk tahap awal pelatihan ini diprioritaskan Fakultas Teknik dan FEB dan tidak menutup kemungkinan untuk fakultas yang lain ke depannya,” kata Dr. Agus.(HI/AAP)